Asal Mula Batu Akik Yang Kini Booming Di Indonesia

Asal Mula Batu Akik Yang Kini Booming Di Indonesia – Menggairahkan dan memberikan harapan bagi wong cilik. Ini bukan jargon partai politik, tetapi ini adalah efek dari menggeloranya euforia batu akik dengan segala macam pencitraan yang dilakukan oleh para penggoreng batu akik. Dari mana asal mula batu akik itu kok baru sekarang menggejala dan menggeeliatkan wong cilik dimana-mana? Jawabannya dari perut bumi yang sangat dalam dan perut bumi itu ada dimana-mana di seluruh dunia ini.

Konon batu akik awalnya adalah magma cair yang ada di kedalaman perut bumi sampai puluhan bahkan ratusan kilometer dalamnya. Karena sifatnya yang cair dan panas (konon sampai 1.300 derejad Celsius) maka sifatnya ringan dan maunya naik ke permukaan, salah satu lubang perut bumi adalah gunung-gunung berapi yang masih aktif dan ini dipakai oleh magma cair tadi sebagai jalan keluar. Karena sangat panas tiba-tiba menjadi dingin, proses perubahan panas yang mendadak inilah yang mengubah magma cair  menjadi batu akik yang indah, batu akik boleh kita katakan sebagai batu yang setengah mulia.

Ada juga lubang-lubang evakuasi yang lain yang dipakai oleh magma cair untuk membebaskan diri, ada yang belum sampai permukaan keburu energinya habis maka magma cair menjadi batu setengah mulia yang teronggok di kedalaman perut bumi. Pernah ada  photo diunggah bagaimana manusia menggali perut bumi dengan peralatan seadanya demi sebongkah batu setengah mulia.

Asal Mula Batu Akik Yang Kini Booming Di Indonesia

Asal Mula Batu Akik Yang Kini Booming Di Indonesia-di Banten orang menggali tanah sampai puluhan meter demi batu akik Kalimaya

Banyak juga lereng-lereng gunung yang mengandung batu setengah mulia, awalnya mungkin lereng gunung itu tadinya adalah gunung berapi aktif, karena gunung apinya keburu mati maka banyak batu setengah mulia yang terdampar di lereng-lereng dan akhirnya terkikis oleh air dan angin.

Asal Mula Batu Akik Yang Kini Booming Di Indonesia

Asal Mula Batu Akik Yang Kini Booming Di Indonesia-di Kebumen, lereng gunung dilubangi demi batu purba

Sungai-sungai juga tidak luput dari mata para pemburu batu akik, lekok-lekok sungai diaduk-aduk demi menemukan batu setengah mulia.

Asal Mula Batu Akik Yang Kini Booming Di Indonesia

Asal Mula Batu Akik Yang Kini Booming Di Indonesia-sungai diaduk-aduk demi batu akik

Di seluruh dunia batu akik yang terkenal adalah batu akik yang berasal dari Rusia, Tanzania, Afika Selatan dan juga Australia. Mungkin setelah batu akik di Indonesia habis dicungkil, digali maka kita boleh berpaling ke negara-negara Rusia, Tanzania dan lain sebagainya, semoga kegilaan batu akik mereka tidak segila orang Indonesia, jadi harganya masih murah dan bisa dijual di Indonesia dengan harga yang sangat mahal.

Siapa tahu karena akik maka ekonomi Indonesia bisa berkembang menyaingi negara maju seperrti Jerman, Jepang, Perancis, Amerika, dan lain sebagainya. Semoga.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *