Bakpia Pathok 75, Cikal Bakal Bakpia Jogja

Bakpia Pathok 75, Cikal Bakal Bakpia Jogja – sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan makanan khas Jogya : bakpia, kue dengan isi kacang ijo yang warnanya kuning. Ternyata ada sejarahnya.

Bakpia Pathok 75, Cikal Bakal Bakpia Jogja

Bakpia Pathok 75, Cikal Bakal Bakpia Jogja

menurut para tukang becak di Jogya, bakpia itu pelopor atau mungkin penciptanya adalah Yung Yen – pemilik Bakpia Pathok 75. Yung Yen sekarang pastinya sangat bangga karena ciptaannya telah memberikan pengaruh sangat besar terhadap perekonomian Jogyakarta khususnya perajin bakpia yang menyebar di kampung-kampung. Begitu sederhananya bakpia ini, untuk meniru sangatlah mudah, jadi tidaklah heran sekarang merk bakpia ini ada ratusan, dan rasanya hampir sama. Konsumen tertentu saja yang fanatik memburu Bakpia Pathok merk 75.

Bakpia Pathok 75, Cikal Bakal Bakpia Jogja

Bakpia Pathok 75, Cikal Bakal Bakpia Jogja

Yung Yen adalah pembuat kue pia di Jogja, yang kemudian oleh orang-orang Jogja disebut sebagai bakpia. Mungkin karena selain membuat kue pia, dia juga membuat bakpao. Untuk membedakan kue pia buatannya dengan kue-kue pia buatan orang lain di kampung Pathok, Yung Yen memberi label kue pia atau bakpianya dengan nama Bakpia 75, sesuai dengan nomor rumahnya di daerah Pathok. Pada mulanya, Yung Yen menawarkan bakpianya dari rumah ke rumah di kampung-kampung di sekitar Pathok. Ketika bakpianya menjadi semakin dikenal banyak orang, mereka selalu mencari bakpia dengan merek 75 buatan Yung Yen yang dikenal dengan rasanya yang unik. Bakpia sekarang sudah menjadi ciri khas kota Jogya menyertai gudeg.

Dalam perkembangan berikut Bakpia Pathok 75 selalu berinovasi dengan tujuan memanjakan kosumen jangan sampai beralih ke lain hati, rasa dianekaragamkan seperti rasa keju, rasa coklat, green tea dan sebagainya. Ke Jogya kalau oleh-olehnya bukan bakpia sepertinya bakal dipertanyakan, apakah bener-benar ke Jogya.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *