Boarding House 15C, Kosan Deudeuh Tidak Berijin

Boarding House 15C, Kosan Deudeuh Tidak Berijin – ijin yang dimaksud di sini adalam IMB, dan ijin rumah kos. Aturannya setiap rumah  kos yang memiliki lebih dari 10 kamar akan dikenakan wajib pajak sebesar 10 persen dari omzet kos mereka perbulan seperti pajak restoran, pajak ini namanya pajak Pemda, yang memungit Suku Dinas Pemda.

Aturannya setiap kos yang memiliki lebih dari 10 kamar akan dikenakan pajak wisma sebesar 10 % sewa. Boarding House 15C, kosan Deudeuh memiliki kamar berjumlah 28, kalau harga sewa rata-rata per bulan Rp 2.000.000, maka Boarding House mestinya membayar pajak wisma sebesar Rp 2.000.000 x 28 x 10 % = Rp 5.600.000,-. Tetapi  Boarding House 15C, Kosan Deudeuh Tidak Berijin jadi lolos tidak membayar pajak wisma.

Boarding House 15C, Kosan Deudeuh Tidak Berijin

Boarding House 15C, Kosan Deudeuh Tidak Berijin

Kawasan Tebet memang telah berkembang menjadi kawasan niaga yang membuat banyak orang ngiler dan memicingkan mata. Cafe, restoran, salon bertebaran sari pinggir Jalan MT. haryono melintang ke Jl. Casablanca atau Jl. Abdullah Syafei. Nasi telah menjadi bubur, pemerintah pasti tidak akan mampu mertibkannya karena situasi telah terlanjur “rusuh” , telah terlanjurkan dijadikan andalan penyambung hidup ribuan orang. Penertiban pilih-pilih akan membuat Pemda tidak berwibawa, penertiban total pasti akan menimbulkan gejolak sosial yang tidak kecil.

Telah terjadi kerancuan tentang daerah hunian yang terlanjur menjadi tempat usaha, para pengusaha dipastikan tidak memperoleh perijinan secuilpun. Untuk mengurus SITU dipastikan lurah tidak akan bersedia menerbitkannya, tetapi atas usaha ini pemerintah memungut pajak. Baik pajak pemda mapun pajak penghasilan. Semoga pemerintah segera membuat penyesuaian aturan supaya para pengusaha bisa tenang berusaha. Toh nasi sudah menjadi bubur.

Boarding House 15C, Kosan Deudeuh Tidak Berijin, itu hanya sebuah kasus yang mencuat, puluhan ribu usaha serupa juga dipastikan tidak berijin, nasi sudah menjadi bubur, pemda harus bijaksana.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *