CARA BAIK ATASI STRESS

Berbagai Cara Mengatasi Stres :

Stres—bila dibiarkan berlarut-larut—dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun hingga 50 persen sehingga mudah dihinggapi berbagai penyakit, menimbulkan penyakit kronis, serta memicu kanker. Sebenarnya, kita dapat mengatasi stres dengan berbagai cara, antara lain dengan cara:

  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Pijat refleksi jari tangan
  • Meditasi
  • Pernapasan sehat

Makanan sehat untuk mengatasi stres umumnya adalah makanan fermentasi yang dimakan dalam kondisi segar, seperti tape singkong segar, tempe segar, dan susu fermentasi segar (yoghurt). Makanan sehat lainnya adalah susu kedele segar, minuman cincau, dan mentimun segar. Anda dapat memilih makanan segar dan sehat yang disukai.

Pijat refleksi jari tangan juga dapat membantu mengurangi atau menghilangkan stres. Hal ini disebabkan karena saraf jari-jari tangan terhubung dengan saraf dan organ otak di kepala. Dengan memijat jari tangan satu per satu dengan santai, maka saraf otak kita juga akan ikut santai sehingga stres berkurang. Setiap jari cukup dipijat selama 1 menit, sehingga seluruh jari selesai dipijat dalam waktu 10 menit. Kita dapat melakukannya sewaktu menonton TV, sewaktu menunggu, atau sewaktu duduk istirahat.

Sementara, tujuan meditasi adalah mencari keheningan dan ketenangan pikiran. Dengan menenangkan pikiran, stres juga otomatis akan berkurang. Tetapi, tidak setiap orang tertarik dengan meditasi.

Selanjutnya pernapasan sehat juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stres. Pernapasan sehat lebih mudah dilakukan dari meditasi dan setiap orang dapat melakukannya. Untuk memulai pernapasan sehat, pilihlah sikap yang santai, sambil duduk atau berbaring. Tariklah napas perlahan-lahan selama 10 detik, tahan selama 10 detik, kemudian keluarkan perlahan-lahan selama 10 detik. Lakukan selama 10 kali per sesi. Anda akan merasa lebih santai setelah melakukannya. Bila Anda merasa nyaman melakukan ini, Anda dapat melakukannya selama tiga sesi, yaitu pagi, siang, dan malam. Bila Anda telah mahir melakukannya, Anda dapat memperpanjang waktunya selama 15 detik atau 20 detik.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *