Cara Membedakan Batu Akik Asli Dengan Masakan

Cara Membedakan Batu Akik Asli Dengan Masakan – Jika  anda terlanda demam, dan demam itu menyenangkan serta menggairahkan kemungkinan demam itu namanya demam  batu akik. Biasa kalau kalau ada dunia baru dan kita juga baru saja menekuni dunia itu, tentu kita harus belajar karena tanpa belajar kita akan terjerembab beberapa kali karena terlanda demam. Bakar, gores dan trawang adalah 3 hal yang minimal harus dilakukan untuk menentukan apakah akik itu batu asli atau batu masakan.

Demam batu akik ini menyerupai demam anthurium sekitar 5 tahun yang lalu, nyaris semua lapisan masyarakat terlanda euforia, di sudut-sudut jalan orang menggosok batu akik dengan penuh semangat bahkan sampai dini hari mesin gurindanya masih meraung-raung. Ada kegairahan di sana, ada harapan di sana, dan tentunya ada banyak rejeki di sana.

Cara Membedakan Batu Akik Asli Dengan Masakan

Akik Dipanaskan Dengan Korek Api

Cara Membedakan Batu Akik Asli Dengan Masakan

Akik ditrawang dengan senter khusus

Karena animo begitu besar sementara pasokan akik kualitas bagus masih terbatas, maka orang mencoba membuat imitasinya, orang mencoba membuat replikasnya atau kasarannya orang membuat akik palsunya. Bacan, Kalimaya, Permata Blue Safir, Permata Pigeon Blood Ruby, Star Ruby Tanzania dan sebagainya adalah jenis-jenis yang selalu dicari orang, tentu saja karena keindahan dan “daya magis”. Hal semacam inilah yang mendorong orang untuk menciptakan tiruan, replika, atau palsunya.

AWam atau new comer akan sangat sulit membedakan batu akik asli dengan masakan, karena sekilas sama saja, bahkan yang akik masakan kadang-kadang tampil lebih sempurna dan cemerlang. Nah batu akik ini urusannya sudah harga diri dan hobby, kalau sudah menyangkut kedua hal itu maka orang akan rela melakukan apa saja, akan merogoh kocek berapa saja. Dapat kita bayangkan betapa kecewanya kalau batu akik yang dipakai ternyata batu akik masakan (kecuali memang sengaja).

BGT – Bakar Gores Trawang adalah 3 hal yang perlu dilakukan untuk membedakan batu akik asli dengan masakan. Akik asli jika dibakar akan mengeluarkan semacam minyak, tetapi jika dikeringkan maka akik tersebut kembali cemerlang tanpa meninggalkan bekas luka atau gores.  Batu akik jika digoreskan ke kaca akan mampu melukasi kaca, sedangkan batu akik masakan tidak akan mampu menggores kaca. Batu akik asli jika ditrawang akan menampakkan bercak atau gurat atau urat, tetapi batu akik masakan akan menampakkan kecemerlangan den kebeningan nyaris sempurna.

Itulah minimal 3 cara membedakan batu akik asli dengan masakan, semoga cara sederhana ini dapat menghindarkan kita dari “penipuan-penipuan” yang menyesakkan hati.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *