Cara Menanam Lengkuas Yang Baik Dan Benar

lakja-1

 

Lengkuas atau laja (Sunda), laos (Jawa) adalah rumpun rimpang sebagai bahan bumbu masakan, masakan Padang mengkonsumsi banyak lengkuas dalam masakannya. Cara menanam adalah sebagai berikut : gemburkan tanah dengan cara ditraktor, lalu buatlah lubang seukuran cangkul sedang, dengan jarak satu sama lain 80 cm, lalu tanamlah lengkuas dengan ukuran sedang atau jangan terlalu kecil. Biarkan hidup tidak perlu dipupuk dulu.
laja-3Setelah umur sekitar 3 bulan, perlu disiang rumputnya sekaligus diberikan pupuk kandang dengan ukuran satu ember cor untuk setiap titik tanam. Pupuk kandang yang baik adalah campuran antara pupuk kotoran sapi dengan kotoran ayam.
laja-6Umur 5 bulan disian lagi rumputnya sekaligus diberikan pupk NPK satu genggaam tangan untuk setiap titik tanamnya. Gambar di atas adalah laja berumur 10 bulan, sebenarnya jika harga bagus sudah siap panen,
laja-5Photo di atas adalah lengkuas berumur 11 bulan, sehat tanpa diserang hama, beratnya sekitar 25 kg (akar belum dibersihkan)
laja-4
Ini adalah gambar terusan yang di atas, setelah dibersihkan akar-akarnya, beratnya masih 20 kg. Jadi satu titik tanam menghasilkan 20 kg hasil akhir. Kalau diambil assumsi satu titik 10 kg saja, satu ha ditanam 12.000 titik (karena harus ada parit dsb), maka satu ha akan menghasilkan 120 ton lengkuas atau katakan 75 % nya  saja atau 90 ton. Modal sampai panen untuk 1 ha tanaman lengkuas berkisar Rp 45 juta. Hitung sendiri kalau misal harga lengkuas di kebon Rp 2.000 per kg. Petani pasti kaya raya.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *