CARA MUDAH MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN MENIPU PERUT

 

CARA MUDAH MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN MENIPU PERUT
Kalori bukanlah lemak, melainkan energi yang bisa diperoleh dari karbohidrat, protein, maupun lemak sebagai bahan bakar untuk menaikkan suhu tubuh dan menjalankan fungsi tubuh. Rata-rata kebutuhan kalori wanita dewasa Indonesia dalam sehari 1.600 – 1.800 kkal. Wanita hamil perlu 300 kkal lebih banyak dari standard sedangkan yang sedang menyusui memerlukan 700 kkal lebih banyak. Jadi wanita menyusui perlu sekitar 2.500 kkal per hari.

Demikian juga dengan seseorang yang baru menjalani operasi atau sakit berat. Untuk proses pemulihan, tubuhnya membutuhkan tambahan kalori sebanyak 500 – 1.000 kkal. Itu sebabnya, pada saat hamil, menyusui, atau sehabis sakit biasanya kita merasa lapar terus. Nah, jika asupan kalori yang masuk ke tubuh melebihi kebutuhannya, maka tubuh akan menimbunnya sebagai lemak dan gula dalam tubuh. Inilah yang bisa menyebabkan kegemukan.

Jadi, bukan kalori biang keladinya, tapi cara Anda mengelolanya. Prinsip diet yang benar adalah memilih makanan yang berukuran besar, tapi kalorinya sedikitl. Dengan begitu, Anda akan merasa kenyang tanpa ‘merampas’ jatah kebutuhan kalori harian Anda. Contohnya, daripada makan satu iris pizza dengan lapisan keju mozzarella yang bernilai 500 kalori, lebih baik Anda makan semangkuk sayuran (100 g) yang hanya mengandung 25 kkal atau ayam grill dengan sayuran dan nasi semangkuk yang sama-sama mengandung 500 kkal.

Makanan dengan volume besar tetapi sedikit kalorinya akan menipu perut dan pikiran kita untuk merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan maknan volume kecil tinggi kalori akan jujur sekali untuk mengirimkan sinyal-sinyal lapar.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *