EMOJI KATA PALING POPULER 2014

EMOJI KATA PALING POPULER 2014

emoji

 

Sepanjang 2014, ada satu kata yang paling banyak digunakan di dunia maya. Global Language Monitor mengungkap bahwa emoji berbentuk hati adalah kata terpopuler di 2014. Memang bukan kata dalam artian sebenarnya, namun perusahaan analisis asal Austin, Texas itu tetap memasukkan emoji hati sebagai kata karena mengandung arti yang jelas.

Dalam 12 bulan ke belakang, tercatat bahwa hati merupakan emoji yang paling banyak digunakan pada blog, Twitter, Facebook dan 250 ribu situs online serta media cetak di seluruh dunia. Penggunaan emoji sebagai pengganti kata-kata meningkat ketimbang tahun lalu dan fenomena ini menunjukkan, bukan tidak mungkin nantinya simbol-simbol dimasukkan secara resmi dalam bahasa tulis.

Saat ini tersedia sekitar 722 karakter yang digunakan untuk mengungkapkan emosi, ekspresi, pemikiran, seseorang, sebuah tempat atau suatu benda. Masih ada 250 karakter lagi yang antre menunggu untuk bisa digunakan di media digital tahun depan.

Di tempat kedua, kata atau simbol yang paling populer adalah hashtag (#). Simbol ini biasa digunakan untuk mengangkat topik yang sedang hangat atau diperbincangkan di Twitter. Belakangan ini hashtag juga digunakan di social media lainnya seperti Instagram juga blog.

Kata terpopuler ketiga adalah ‘vape’ yang merupakan kependekan dari vaporise, biasanya mengacu pada pemakaian e-cigarette atau rokok elektrik. Seperti diketahui, isu penggunaan rokok elektrik sebagai pengganti rokok konvensional cukup banyak menjadi perdebatan di 2014. Berdasarkan sejumlah penelitian, efek buruk dari menghisap rokok elektrik sama bahayanya dengan rokok konvensional. Kata ini muncul dalam kamus Oxford sebagai salah satu yang terpopuler di 2014.

Selanjutnya adalah ‘blood moon’. Kata ini menjadi populer karena kemunculan bulan yang berwarna merah di 2014 menjadi salah satu fenomena alam langka. Banyaknya orang yang antusias melihat, memotret dan mengunggahnya di dunia maya membuat ‘blood moon’ menempati urutan keempat sebagai kata terpopuler. Ini masih ditambah dengan pemberitaan di portal berita maupun media cetak yang begitu marak.

Dari kategori nama (termasuk nama orang, tempat atau wabah), Ebola menempati urutan pertama sebagai yang paling banyak disebut pada 2014. Hal ini terkait dengan meluasnya wabah penyakit mematikan itu dan bagaimana itu membuat banyak orang panik, serta menjadi isu global. Di urutan kedua adalah Pope Francis. Namanya terangkat sebagai pemimpin Gereja Katolik Vatikan yang penuh kerendahan hati, kepedulian terhadap orang miskin dan mendukung kesetaraan serta toleransi beragama.

Yang cukup menarik, Pangeran George juga masuk menjadi salah satu nama terpopuler di 2014. Putra pertama dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton ini juga termasuk bayi paling terkenal di tahun ini.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *