Gaharu, Baunya Mulai Mengganggu Para Pemburu

Gaharu, Baunya Mulai Mengganggu Para Pemburu – Sudah gaharu cendana pula, wanginya sempurna maksudnya.Gaharu adalah sejenis pohon yang menghasilkan zat antibodi baunya wangi menggoda. Antibodi atau zat pertahanan tubuh itu dikeluarkan pohon untuk menangkal jamur atau penyakit yang masuk, kini masuknya penyakit itu disengaja oleh manusia, dinamakan inokulasi. Gaharu, Baunya Mulai Mengganggu Para Pemburu.

Gaharu, Baunya Mulai Mengganggu Para Pemburu

Gaharu jenis Grinop lebih mudah tumbuh di Pulau Jawa

Tulisan tentang gaharu belum juga bertambah, kegunaan gaharu tetap saja sebagai bahan pewangi atau bahan untuk upacara keagamaan. Tetapi kalau kita lihat di internet, nagara jiran Malaysia nampak lebih maju dalam halpergaharuan, mungkin karena pemerintahnya sudah sempat ikut melakukan pembinaan petani. Pemerintah di sini boro-boro, masih ngurus konflik KPK_Polri dan pembubaran PSSI saja belum kunjung selesai.

Hebatnya gaharu adalah murni bersahabat dengan alam, para penggila harus menanam gaharu, minimal 5 tahun baru bisa dimasukkan bibit penyakit ke batang gaharu. Setelah usia 5 tahun ketika pohon sudah sebesar kaki orang dewasa maka permainan dimulai, inokulan digelontorkan, harapannya pohon gaharu segera menghasilkan antibodi yang umumnya kita sebut gubal. Konon gubal alam harganya sampai ratusan juta per kilogramnya, namun gubal alam mungkin sudah tidak ada lagi di hutan, manusia harus mengupayakan menanam pohon gaharu untuk meniru hutan menghasilkan gubal.

Gaharu tidak mengkhawatirkan seperti akik yang cenderung merusak alam karena bongkah-bongkah batu itu ada di perut bumi, gaharu justru mengajari manusia untuk lebih sayang alam, dan gaharu sangat .tahu diri dengan rela mati berkorban demi kesejahteraan umat manusia. Gaharu, Baunya Mulai Mengganggu Para Pemburu.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *