Hanya Petugas Partai, Tetapi Berani Kritik PBB

Hanya Petugas Partai, Tetapi Berani Kritik PBB – Meskipun hanya “petugas partai” Presiden Jokowi lantang berani mengkritik PBB dan Lembaga Keuangan Internasional. Hal ini berbeda dengan pendahulunya yang terlalu sopan dan hanya mencari aman.

“Makin kentara ketika PBB tidak berdaya, mandat PBB telah menafikan keberadaan badan dunia. Oke, kita bangsa-bangsa di Asia Afrika mendesak reformasi PBB,” kata Jokowi yang langsung mendapat tepuk tangan meriah. PBB, kata Jokowi, harus berfungsi optimal sebagai badan dunia yang mengutamakan keadilan bagi semua bangsa. “Bagi saya, ketidakseimbangan global semakin menyesakkan dada,” imbuh Jokowi. Hanya Petugas Partai, Tetapi Berani Kritik PBB.

Hanya Petugas Partai, Tetapi Berani Kritik PBB

Hanya Petugas Partai, Tetapi Berani Kritik PBB

Sebelumnya Jokowi mengkritik sejumlah lembaga internasional. Selain PBB, Presiden juga mengkritik keberadaan dua lembaga keuangan dunia yang dianggap tidak membawa solusi bagi persoalan ekonomi global, yakni Bank Dunia dan IMF.  “Pandangan yang mengatakan bahwa persoalan ekonomi dunia hanya dapat diselesaikan oleh World Bank, IMF, dan ADB adalah pandangan yang usang dan perlu dibuang,” ujar Jokowi dalam pidatonya, Rabu (22/4/2015). Hanya Petugas Partai, Tetapi Berani Kritik Lembaga Keuangan Dunia.

Semoga ucapan “petugas partai” ini tidak hanya retorika belaka yang dipergunakan untuk mengangkat citranya yang sedang terpuruk. Semoga ucapannya nanti dilanjutkan dengan diplomasi-diplomasi tanpa rasa takut, berani blak-blakan dengan negara-negara maju seperti Paman Sam, Negerinya ratu Elizabeth, Negerinya Napoleon, Negerinya Muzolini tetap menyuarakan ketimpangan-ketimpangan yang terjadi. 

Kita pengin lihat dalam suatu kesempatan “petugas partai” ini lantang berpidato di forum resmi PBB, memperteguh sikapnya yang sudah diumumkan di Konperensi Asia Afrika. Semoga kita mempunya sedikit kebanggaan kepada pemimpin kita meskipun hanya “petugas partai”.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *