Inilah Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan

Inilah Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan –¬†Bagi Anda yang ingin hidup lebih sehat dan terhindari dari berbagai penyakit, menangkal radikal bebas adalah salah satu cara untuk melakukannya. Anda yang sedang berdiet ketat untuk menurunkan berat badan sebaiknya berhati-hati dan tetap menjaga asupan makanan yang bergizi. Makanan bernutrisi tinggi akan membantu tubuh melawan radikal bebas yang apabila dibiarkan terakumulasi dalam jangka waktu lama akan memicu timbulnya penyakit dalam. Untuk menurunkan berat badan bukan berarti Anda harus menahan lapar, Anda hanya perlu mengganti kebiasaan makan buruk dengan asupan sayuran dan buah-buahan segar. Radikal bebas merupakan toksin yang banyak berasal dari luar tubuh seperti asap kendaraan, asap kebakaran, asap rokok, pestisida, sinar UV, dan lain sebagainya.

Bahaya radikal bebas bagi tubuh

Radikal bebas merupakan molekul dengan elektron yang tidak lengkap sehingga untuk melengkapinya ia akan menyerang molekul lain secara aktif. Molekul yang cacat ini akan merusak sel sehingga dapat menimbulkan penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, katarak, dan fungsi ginjal. Radikal bebas juga dapat menyerang DNA dengan cepat sehingga bila DNA tidak sempat diperbaiki maka DNA tersebut akan bermutasi. DNA yang banyak bermutasi akan berkembang menjadi kanker.

Radikal bebas mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Sistem metabolisme adalah pengolahan zat-zat yang masuk dapal tubuh untuk kemudia diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah sesuai dengan kebutuhannya. Apabila terganggu, maka bisa jadi tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan karena proses metabolisme yang tidak maksimal. Kurangnya nutrisi dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan karena timbunan lemak yang tidak dibuang oleh metabolisme. Kelebihan berat badan akan memicu banyak penyakit lainnya seperti diabetes, penyakit jantung, asam urat, dan lain sebagainya. Karena itu pengeluaran toksin radikal bebas ke luar tubuh sangat penting baik dengan mengkonsumsi makanan bergizi atau dengan tambahan suplemen.

Membuang toksin radikal bebas dalam tubuh

  • Olahraga

Berolahraga 3 sampai 5 kali dalam seminggu selama 45 hingga 60 menit akan mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh. Sebaliknya jika intensitas olahraga terlalu berlebihan akan menghasilkan radikal bebas dalam tubuh lebih banyak karena tubuh akan memerlukan oksigen yang lebih banyak sehingga oksidasi terus bertambah.

  • Pola hidup sehat

Boleh saja Anda melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Berat badan yang ideal akan menjaga tubuh Anda tetap sehat karena tidak ada lemak berlebih yang dapat mengganggu peredaran darah. Namun diet yang dilakukan haruslah diet yang sehat, bukan diet tanpa makan. Sayuran dan buah-buahan akan membantu Anda melawan radikal bebas. Selain itu Anda juga bisa membuang toksin dalam tubuh dengan program smart detox, sehingga selain terbebas dari radikal bebas, berat badan Anda juga lebih ideal.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *