Inilah Radikal Bebas dan Cara Mengatasinya

Inilah Radikal Bebas dan Cara Mengatasinya – Ketika sedang membicarakan tentang masalah kesehatan, topik mengenai radikal bebas adalah hal yang paling umum dibicarakan. Masyarakat pada umumnya mengenal radikal bebas sebagai sesuatu yang tidak baik bagi kesehatan tubuh yang bisa berasal dari polusi, udara yang tercemar, dan sinar matahari secara langsung. Radikal bebas juga dapat memicu berbagai penyakit termasuk berbagai macam kanker. Sebenarnya apakah radikal bebas itu? Mengapa penting sekali kita menjaga diri agar tidak terlalu banyak menyerap radikal bebas?

Pengertian radikal bebas

Radikal bebas adalah suatu molekul yang kekurangan satu elektron dari elektron pasangannya, akibat kurangnya elektron, molekul tersebut menjadi molekul bebas dan tidak stabil yang dapat berinteraksi dengan molekul lain yang elektronnya lengkap, membentuk radikal baru. Apabila molekul radikal bebas dalam tubuh berlebihan, molekul tersebut dapat merusak DNA yang kemudian berkembang menjadi kanker. Untuk melawan radikal bebas berkembang biak sebenarnya tubuh secara alami sudah bisa memproduksi antioksidan sendiri. Meskipun begitu, antioksidan yang dihasilkan belum cukup untuk menangkal radikal bebas yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara.

Inilah Radikal Bebas dan Cara Mengatasinya

Inilah Radikal Bebas dan Cara Mengatasinya-asap rokok paling mudah kita dapatkan

Sumber radikal bebas yang berasal dari luar tubuh manusia adalah asap rokok, sinar UV, polusi udara, asap kendaraan, pestisida. Sumber radikal bebas tersebut apabila terhirup oleh manusia akan menghasilkan hasil samping oksidasi yang bila terakumulasi dalam jumlah banyak dengan jangka waktu lama akan merusak sistem organ tubuh. berikut adalah 10 jenis radikal bebas yang dalam jumlah banyak akan merusak sel dan mematikan sel:

  1. Asap rokok
  2. Polusi udara
  3. Radiasi UV
  4. Pestisida
  5. Obat-obatan
  6. Olahraga yang berlebihan
  7. Radiasi radioterapi
  8. Autoksidasi
  9. Oksidasi enzimatik
  10. Respiratory burst

Makanan sehat penangkal radikal bebas

Seperti telah dijelaskan bahwa tubuh manusia dapat memproduksi antioksidan untuk menangkal radikal bebas secara alami. Namun untuk memproduksi antioksidan, tubuh memerlukan nutrisi dari makanan sehat untuk mengaktifkan penangkal radikal bebas dalam tubuh. Berikut adalah zat yang berfungsi sebagai antioksidan berikut dengan sumbernya:

  1. Vitamin A

Vitamin A dapat berikatan dengan radikal bebas dan melemahkan aktivitasnya untuk menyerang molekul sehat lain. Sumber vitamin A antara lain hati sapi, kuning telur, wortel, brokoli, ubi, aprikot, bayam.

  1. Vitamin C

Vitamin C adalah zat yang ampuh melemahkan molekul radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber vitamin C antara lain buah jeruk, jeruk nipis, paprika hijau, stroberi, brokoli, tomat

  1. Vitamin E

Vitamin E adalah pelindung tubuh dari radikal bebas sekaligus sebagai memperbaiki hati yang rusak. Sumber vitamin E antara lain jagung, kacang-kacangan, minyak zaitun, sayuran yang berdaun.

  1. Selenium

Selenium berfungsi untuk memproduksi enzim-enzim dalam tubuh yang berguna sebagai antioksidan. Sumber selenium antara lain brokoli, kuning telur, bawang merah, bawang putih, dan anggur merah.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, berbagai macam penyakit dapat dikurangi resikonya. Selain itu makanan sehat juga berfungsi untuk memperlancar metabolisme sehingga menghindari tubuh kelebihan berat badan.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *