Makan Buah Setelah Makan Nasi = Racun, Tinggalkan

Makan Buah Setelah Makan Nasi = Racun, Tinggalkan – Sudah menjadi kebiasaan dan budaya bahwa buah kita kudap (untuk membedakan dengan makan nasi) setelah kita makan besar utamanya makan nasi dan lauk pauknya. Cara ini konon salah besar karena kita telah menyiksa lambung, dan salah salah justru masalah yang kita dapat, karena kudapan buah yang masuk setelah nasi akan menjadi racun, ini penjelasannya.

Makan Buah Setelah Makan Nasi = Racun, Tinggalkan

Makan Buah Setelah Makan Nasi = Racun, Tinggalkan

Lambung hanya perlu 15-20 menit untuk mencerna buah-buahan (kecuali pisang agak lama sekitar 45 menit). Boleh dikatakan bahwa nutrisi buah-buahan instant menghasilkan energi yang kita butuhkan untuk beraktifitas.Lambung perlu waktu 120 menit untuk mencerna nasi dan sejenisnya (misalnya roti, jagung) kalau dimakan sendiri tanpa sayur atau lauk. Lambung perlu waktu 3-4 jam untuk mencerna protein hewani (daging-dagingan dan berbagai macam telur), bahkan perlu waktu lebih lama lagi sampai lebih dari 6 jam jika daging-dagingan itu diolah dengan karbohidrad (misalnya bakso, otak-otak, nugget).

Sederhananya seperti ini : jika kita sehabis makan sepiring nasi dengan berbagai lauk pauk daging-dagingan, itu sudah pasti lambung kita memerlukan waktu lebih dari 3-4 jam untuk mencernanya, kemudian kita mengudap buah-buahan rujak misalnya. Kira-kira yang terjadi adalah : kunyah-kunyahan buah yang seharusnya masuk lambung dan terus diserap usus terhambat oleh nasi beserta lauk-pauknya yang sedang diproses oleh lambung. Nasi beserta lauk-lauknya “dibusukkan” dengan enzim lambung tentunya dan berubah menjadi asam.  Ketika proses “pembusukan” ini berjalan lalu ditimpa oleh kudapan buah-buahan yang bersifat basa maka terjadilah pertarungan antara asam dan basa di lambung.

Pertarungan antara makanan yang bersifat asam yang masih belum selesai diproses (nasi dan lauk pauknya) dengan makanan yang hampir selesai diproses (kudapan buah-buahan) ini menyebabkan sebagian makanan yang kita asupkan ke tubuh menjadi rusak. Inilah alasan mengapa makan buah setelah makan nasi = racun, tinggalkan kebiasaan itu. Lebih baik makan buah sebelum makan nasi, jadi manfaatnya kita dapat dan perut kita tidak menjadi tempat pertarungan antara asam dan basa.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *