Rumah Akik Ngrojo Kulon Progo, Menggali Potensi Kiriman mBah Marijan

Rumah Akik Ngrojo Kulon Progo, Menggali Potensi Kiriman mBah Marijan – Yogyakarta pernah heboh dengan batu akik yang ditawarkan dengan harga ratusan juta, akik itu ditemukan di Kali Code, kali yang mengalirkan berbagai bebatuan dan pasir berhulukan Gunung Merapi tempat mBah Marijan almarhum berkarya dan melegenda. Rupanya di sebelah barat Yogyakarta terdapat Sungai Progo yang juga berhulukan Gunung Merapi dan menyimpan potensi batu akik yang luar biasa. Berbagai pameran telah diselenggarakan di Magelang dan Yogyakarta dengan maksud menggali potensi batu akik di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Rumah Akik Ngrojo Kulon Progo, Menggali Potensi Kiriman mBah Marijan

Rumah Akik Ngrojo Kulon Progo, Menggali Potensi Kiriman mBah Marijan

Akik Lavender, ndhog gemak, raflesia semuanya tembus cahaya ternyata tersimpan di sepanjang Sungai Progo. menurut para pakar kualitas batu akik yang dihasilkan oleh aliran Sungai Progo tidak kalah kualitas dibandingkan dengan batu akik dari daerah lain, keindahannya, kekerasannya bisa diadu.

Untuk menampung para penggila akik, yang terdiri dari para pemburu, perajin, kolektor maka di dusun Ngrojo Nanggulan Kulon Progo didirikan sentra batu akik. Lokasi sentra akik ini kurang lebih 50 meter sebelah barat Jembata Ngapak. Di sini berkumpul kurang lebih 20 pengasah-pengasah batu akik handal yang selama ini membuka usahanya di rumah masing-masing. Dengan berkumpul di sebuah sentra akik begini maka konsumen akan dimanjakan, karena disediakan berbagai pilihan. Tentu saja batu akik di sini juga akan didatangkan dari berbagai daerah lain, sehingga selera konsumen akan tercukupi dengan hanya megunjungi Sentra Akik Ngrojo.

Batu akik kiriman mBah Marijan memang akan menjadi ciri khas Sentra Akik Ngrojo, namun jangan kuatir karena batu mulia dari daerah lain juga tersedia di sini. Datanglah di pembukaannya yang akan dilakukan pada satu minggu menjelang lebara atau 11 Juli 2015.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *