Survei: Tak Puas Kinerja, Reshuffle Kabinet Segera

Survei: Tak Puas Kinerja, Reshuffle Kabinet Segera – Mulai beredar gambar SBY dengan senyuman disertai sindiran :”PIYE KHABARE? ENAK JAMANKU THO?”

Survei: Tak Puas Kinerja, Reshuffle Kabinet Segera
Survei: Tak Puas Kinerja, Reshuffle Kabinet Segera

Dulu jaman SBY, sarkasme dengan gambar Soeharto juga muncul bahkan favorit untuk menghiasi bak truck, dibuat t-shirt dan dijual umum. Ini adalah gambaran kekesalan masyarakat yang menanti perubahan cepat, setelah menunggu lama dalam periode 10 tahun kepemimpinan SBY nyaris tidak ada perubahan berarti. Dulu ketika memilih SBY harapan begitu tinggi setinggi langit, begitu harapan tidak sesuai kenyataan maka rakyat memendam kekecewaan, hanya saja mungkin sudah sedikit belajar bahwa mengelola negara sebesar Indonesia, dengan suku banyak ragam tidaklah mudah. Survey Poltrackng telah menyimpulkan bahwa tak puas kinerja, reshuffle segera. Semoga nanti tidak ada yang membela diri dan mengatakan : ah itu survey pesanan.

Kini sarkasme itu sudah mulai marak, gambar Soeharto diganti SBY, sindirannya sama yaitu zaman SBY masih lebih enak daripada sekarang.  Ini persoalan serius, kalau zaman SBY masih dikatakan lebh enak dari zaman Jokowi, meski ini hanya sarkasme atau sindiran tetapi kita telah turun dua derajad. Sarkasme ini jangan dianggap sepele, rakyat memang pasti menuntut banyak, menuntut Jokowi untuk menggunakan pengalamannya SBY untuk segera lari membawa Bangsa Indonesia ke arah yang lebih sejahtera.

Kekecewaan publik dalam survey itu justru pada kementerian yang membidangi ekonomi dan hukum, dua bidang yang merupakan inti persoalan sebuah negara. Hukum kita masih terlilit dengan perseteruan antara KPK dan Polri yang mengancam terbengkelainya pemberantasan korupsi. Bidang Ekonomi yang masih dibayangi meroketnya harga kebutuhan sembilan bahan pokok yang tidak diimbangi oleh kenaikan pendapatan.

Juga kiranya tidak terulang, adanya tarik ulur kebijakan sebagai contoh : kenaikan fasilitas uang muka bagi kendaraan yang ditarik ulur dan konon ada juga beberapa kebijakan serupa yang ditarik ulur, Mohonlah negara ini dikelola dengan koordinasi yang lebih baik dan dipikirkan secara komprehensive jika akan menerapkan sebuah kebijakan yang mempengaruhi publik.

Kumpul Komunitas banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *